Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
EdukasiJaDeTaBek

Gebyar GSS untuk Wujudkan Generasi Sehat, Kuat, Cerdas, dan Berkarakter

×

Gebyar GSS untuk Wujudkan Generasi Sehat, Kuat, Cerdas, dan Berkarakter

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

BogorInNews – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan Gebyar Gerakan Sekolah Sehat (GSS) 2024 dengan tema ‘Bergerak Bersama Wujudkan Generasi Sehat, Kuat, Cerdas, dan Berkarakter’ di SMP Negeri 177 Jakarta pada Selasa 28 Mei 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi dan menyebarluaskan GSS agar dapat diimplementasikan di seluruh sekolah di Indonesia.

Kegiatan Gebyar GSS 2024 turut dimeriahkan oleh serangkaian aktivitas yang melibatkan peserta didik dan berfokus pada 5S, yakni Sehat Bergizi, Sehat Fisik, Sehat Imunisasi, Sehat Jiwa dan Sehat Lingkungan.

Example 300x600

“Kemeriahan Gebyar GSS ini merupakan keberhasilan kami dalam mengembangkan Sekolah Sehat dari yang awalnya sebuah kampanye menjadi suatu gerakan yang masif. Dari tahun ke tahun, semakin banyak sekolah, mitra, pemerintah daerah, dan masyarakat yang menyadari bahwa kesehatan adalah kunci utama dalam perwujudan pendidikan yang berkualitas,” ungkap Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim.

Nadiem menambahkan, sebagai bagian dari Merdeka Belajar, GSS bertujuan untuk meningkatkan peran UKS sebagai upaya untuk membimbing seluruh warga pendidikan dalam melaksanakan prinsip hidup sehat dalam aktivitasnya sehari-hari. Dengan menerapkan pola hidup sehat, kesempatan setiap pelajar Indonesia untuk tumbuh dan berkembang sejalan dengan potensinya akan terbuka lebih lebar.

“Nah, salah satu perkembangan penting dalam GSS adalah perluasan dari 3 Sehat menjadi 5 Sehat. Perluasan tersebut merupakan satu langkah penting dalam upaya penyadaran yang lebih menyeluruh mengenai penting kesehatan dalam mempersiapkan generasi unggul Indonesia Emas 2045,” tambah Nadiem.

Nadiem juga menyambut baik kerja sama Kemendikbudristek dengan 12 mitra baru. Dirinya mengapresiasi kinerja mitra dan seluruh pihak yang telah berkomitmen mendukung GSS. Tugas berikutnya adalah melanjutkan dan memperluas dampak GSS sehingga seluruh pelajar Indonesia dapat mengimplementasi 5 sehat dalam kegiatan sehari-hari.

“Mari terus perkuat kolaborasi untuk mengkampanyekan 5 Sehat dan melanjutkan Merdeka Belajar,” terang Nadiem.

Ditempat yang sama, Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Dirjen PAUD Disdakmen), Iwan Syahril mengatakan, bahwa perjalanan panjang GSS telah mengajarkan tentang berbagai hal yang penting dan berharga. Berbagai capaian yang kita raih, tentu tidak lepas dari kerja keras dan kolaborasi semua pihak.

“Dari sisi penguatan regulasi, bahwa 100% Pemerintah Daerah dari 38 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota telah mengeluarkan regulasi untuk mendukung GSS, tentunya ini merupakan hal positif bahwa GSS telah menggaung di seluruh daerah Indonesia,” ungkap Iwan.

Iwan memaparkan, sepanjang tahun 2022 hingga 2023, GSS telah menjalin kerja sama dengan 38 mitra dan akan terus bertambah pada hari ini. Berbagai dukungan seperti pembuatan modul, pelatihan dan pendampingan sekolah, serta berbagai aktivitas komunikasi dan edukasi telah diberikan oleh mitra untuk memperkuat implementasi GSS di berbagai satuan pendidikan seluruh Indonesia.

“Untuk mencapai hasil yang maksimal, diperlukan pembiasaan, kolaborasi, dan komitmen keberlanjutan yang dijalankan oleh satuan pendidikan. Terima kasih kepada seluruh ekosistem pendidikan, mulai dari OASE KIM, Pemerintah Daerah, satuan pendidikan, hingga orang tua murid yang selama ini telah membantu bersama-sama menggaungkan pentingnya gerakan ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 177 Jakarta, Ruhadi mengungkapkan rasa bangganya atas acara Gebyar GSS 2024 yang terselenggara di sekolahnya.

“Saya senang seluruh rangkaian acara berjalan dengan lancar. Harapan saya, kegiatan ini dapat menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi kami dan seluruh peserta didik dalam mengimplementasikan praktik GSS secara konsisten,” tutur Ruhadi.

Selain itu, salah satu peserta kegiatan, Alsya Zahwa Putri Arifin, siswi SMA Negeri 86 Jakarta, merasa bahagia dapat berpartisipasi dalam gelaran Gebyar GSS 2024. Menurutnya, GSS merupakan hal penting sebagai generasi muda dalam membangun pola hidup sehat untuk menjalani pendidikan sekolah sehari-hari.

“Saya mengimplementasikan GSS ini dengan melakukan olahraga secara rutin dan membawa makanan bergizi sebagai bekal untuk di sekolah. GSS perlu terus dilanjutkan sehingga generasi muda Indonesia menjadi sehat, kuat, cerdas, dan berkarakter,” terangnya. (DIK)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *