Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
JabarNasionalQolbu

Simak, Berikut Ini Keistimewaan Bulan Dzulhijjah

×

Simak, Berikut Ini Keistimewaan Bulan Dzulhijjah

Sebarkan artikel ini
Ustadz Adi Hidayat. Foto:(Wikipedia)
Ustadz Adi Hidayat. Foto:(Wikipedia)
Example 468x60

BogorInNews – Ustadz Adi Hidayat menyampaikan, bulan Dzulhijjah merupakan bulan istimewa dalam penanggalan Hijriyah. Dalam Islam, bulan ini memiliki banyak manfaat dan banyak kegiatan keagamaan yang sangat dianjurkan. Ada beberapa keutamaan bulan Dzulhijjah menurut ulama kondang asal Jawa Barat ini.

Yang pertama Ustadz Adi Hidayat menjelaskan bahwa sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah merupakan hari-hari yang penuh berkah. Dalam hadits riwayat Ibnu Abbas, Nabi SAW bersabda: “Tidak ada hari yang amal shalehnya lebih dicintai Allah daripada hari ini, sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah” (HR. Bukhari).

Example 300x600

Ustadz Adi Hidayat menekankan, agar umat Islam memperbanyak aktivitas keagamaan seperti shalat, puasa, dzikir dan bersedekah pada waktu tersebut.

Hal kedua, salah satu ibadah yang paling dianjurkan dalam Islam menurutnya di bulan Dzulhijjah adalah puasa Arafah yang jatuh pada hari kesembilan Dzulhijjah. Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda: “Puasa Arafah, semoga Allah mengampuni dosa tahun sebelumnya dan tahun berikutnya” (HR. Muslim). Puasa ini mempunyai manfaat yang besar karena dapat menghapus dosa-dosa kecil selama dua tahun.

Ustadz Adi Hidayat memaparkan hal ketiga, bulan Dzulhijjah merupakan bulan dimana umat Islam dapat menunaikan ibadah haji. Ustadz Adi Hidayat menekankan pentingnya haji sebagai salah satu rukun Islam.

“Haji merupakan kesempatan bagi umat Islam untuk berdoa dan memohon ampun kepada Allah SWT. Selain itu, menunaikan wukuf di Arafah pada hari kesembilan Dzulhijjah merupakan akhir dari ibadah haji yang manfaatnya besar,” tutur Ustadz Adi Hidayat.

Ustadz Adi Hidayat membeberkan, hal keempat adalah kurban. Pada tanggal 10 Dzulhijjah, umat Islam merayakan Idul Adha, yang juga dikenal sebagai hari raya kurban. Ustadz Adi Hidayat menjelaskan kurban merupakan sunnah bagi yang mampu. Kurban merupakan wujud pengorbanan dan ketaatan kepada Allah SWT, mengingat sabda Nabi Ibrahim AS dan putranya Nabi Ismail AS. Ustadz Adi Hidayat menekankan pentingnya berkorban dan berbagi rejeki kepada sesama sebagai bentuk kepedulian sosial.

Ustadz Adi Hidayat menegaskan, hal terakhir adalah dzikir dan doa. Maka diimbau agar umat Islam untuk memperbanyak doa dan memohon ampun kepada Allah SWT.

Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada hari yang lebih besar di sisi Allah, dan tidak ada seorang pun yang mencintai lebih dari sepuluh hari ini, maka hendaklah memperbanyak tahlil, takbir, dan tahmid di antara mereka” (HR. Ahmad). Karena Dzikir dan Sholat merupakan ibadah yang menjadi prioritas di mata Allah SWT.

Itulah lima hal keutamaan bulan Dzulhijjah menurut Ustadz Adi Hidayat. (WAH)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *